Minuman Energi Bikin Susah Tidur

Minuman tambah energi kerapkali dikonsumsi orang yang inginkan penambahan tenaga untuk melakukan aktivitas. Umpamanya berolahraga. Namun, suatu kajian teranyar yang dikerjakan di Spanyol mengatakan, konsumsi minuman daya berkafein itu saat sebelum olahraga malah bikin orang sulit tidur.

Dalam kajian itu, atlet terlatih yang sudah hindari konsumsi cafein sepanjang 48 jam konsumsi minuman tambah energi yang memiliki kandungan seputar 1, 3 mg cafein per pon berat tubuh 60 menit saat sebelum merampungkan berolahraga. Itu sama juga dengan seseorang pria berbobot 80 kg konsumsi 234 mg cafein atau seputar 1, 5 kaleng minuman tambah energi. Mereka mengulanginya satu minggu lalu, terkecuali tanpa ada cafein.

Sesudah konsumsi minuman daya berkafein itu, rata-rata kemampuan otot mereka 13% lebih tinggi dari saat sebelum konsumsi minuman itu. Namun, mereka malah alami permasalahan tidur. Nyaris 1 dari 3 peminum cafein melaporkan alami insomnia saat malam harinya, atau tiga kali lebih tinggi dari pada saat mereka konsumsi minuman bebas cafein. Mereka juga lebih gugup.

“Ketika Anda konsumsi cafein saat sebelum olahraga, cafein menghalangi penerima adenosin, senyawa yang kirim tanda kelelahan ke badan kalian. Cafein juga tingkatkan keluarnya hormon adrenalin serta noradrenalin, yang menyebabkan kewaspadaan serta berperan pada rasa gugup, ” tutur penulis kajian itu, Juan Del Coso, PhD, yang ditulis Men’s Health.

Menurut Del Coso, ganti minuman tambah energi dengan kopi juga akan tidak menolong orang tidur. Cafein di minuman tambah energi tersebut yang mengakibatkan dampak stimulasi. Jadi, meminum kopi dengan dosis cafein yang sama saat sebelum olahraga dapat mengakibatkan kita susah tidur pada malam hari.

“Kalau Anda yaitu atlet elite yang tengah mencari pendorong tampilan atau seseorang pria rata-rata yang berupaya menaklukkan rekor terbaiknya, Anda dapat membatasi diri dengan konsumsi optimal 1, 3 mg cafein per pon bobot badan saat sebelum latihan—jumlah yang diuji dalam kajian itu, untuk tahu bahwa Anda mungkin saja akan menanggung derita dampak susah tidur sesudahnya, ” tutur Del Coso.

Bila kesusahan mengatur hasrat konsumsi minuman berkafein saat sebelum olahraga, sebaiknya menaruh jurnal yang mencatat cafein yang dikonsumsi harian serta kwalitas tidur setiap malam. Langkah tersebut bakal menolong Anda memastikan berapakah banyak cafein yang dapat ditolerir badan yg tidak mengakibatkan sulit tidur.