Kaum Lansia Sering Menyimpan Depresi

Permasalahan penuaan tak belaka masalah fisik, namun juga kerap direnteti permasalahan kejiwaan. Hal semacam ini berlaku terutama untuk mereka yang telah pensiun serta menanggung derita komplikasi penyakit. " Cuma 10 % yang mencari pertolongan, " kata psikolog Harucha Tamlicha dalam acara bertopik Kwalitas Hidup Lanjut usia Tanggung Jawab Berbarengan di RSU Bunda Jakarta, Rabu, 15 Oktober 2014.

Bekasnya, 90 %, terasa bahwa pergantian keadaan kejiwaan yaitu hal yang lumrah. Haruscha menyampaikan, dari segi psikologis, pergantian tingkah laku yang terlampau mencolok yaitu tanda-tanda masalah jiwa. Sayang, kata dia, umumnya beberapa orangtua itu condong diam. Mereka malas mengungkapkan keluhan karena berasumsi hal semacam itu yaitu sisi dari penuaan.

Waktu tersebut kerabat maupun sejawat mereka bertugas mendeteksi keadaan itu. Terlebih, kata psikolog di RSU Bunda ini, bila beberapa sesepuh ini telah mempunyai aspek resiko. Umpamanya, telah ditinggal pasangan hidupnya, alami penurunan manfaat badan--seperti kekuatan pendengaran berkurang--punya permasalahan keuangan, serta berlangsung pergantian fisik.