Lima porsi buah dan sayur sehari bagus untuk mental

Suatu riset teranyar dari University of Warwick Medical School tunjukkan, konsumsi buah-buahan serta sayuran bagus untuk kesehatan mental Anda. Menurut riset itu, tinggi serta rendahnya kesejahteraan mental dengan cara berkelanjutan terkait dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran individu. Dalam soal ini, beberapa peneliti yang memakai data dari suatu survey kesehatan di Inggris. Survey ini melibatkan 14. 000 orang partisipan berumur 16 th. atau lebih.

Sejumlah 56 % dari mereka adalah wanita. Survey ini dapat menghimpun dengan cara detil masalah kesehatan mental serta fisik, tingkah laku kesehatan yang terkait, keadaan demografi serta karakteristik sosial-ekonomi. Data survey tunjukkan, sejumlah 33, 5 % partisipan yang kesejahteraan mentalnya bagus (tinggi) konsumsi lima atau lebih jumlah buah serta sayuran satu hari. Sesaat cuma 6, 8 % dari mereka yang cuma konsumsi buah serta sayuran kurang dari satu jumlah satu hari.

Disamping itu, seputar 31, 4 % partisipan juga digolongkan mempunyai kesejahteraan mental yang tinggi lantaran konsumsi tiga hingga empat jumlah buah serta sayuran. Lalu, 28, 4 % bekasnya cuma konsumsi satu sampai dua jumlah. " Data tunjukkan, makin tinggi konsumsi buah-buahan serta sayuran pada individu jadi makin rendah kemungkinan ia mempunyai kesejahteraan mental yang jelek (rendah), " tutur penulis makalah riset, Dr Saverio Stranges.

Menurut beberapa peneliti, beberapa tingkah laku terkait dengan kesehatan mental, baik untuk pria ataupun wanita. Mereka menyampaikan, konsumsi alkohol serta obesitas tak terkait dengan kesejahteraan mental yang bagus. ",... mengkonsumsi buah serta sayuran yaitu tingkah laku yang paling berkelanjutan terkait dengan kesehatan mental baik rendah ataupun tinggi. Temuan baru ini tunjukkan, konsumsi buah serta sayuran mungkin saja memerankan mungkin juga sebagai ingindali tidak cuma fisik, namun juga untuk dari kesehatan mental pada populasi umum, " kata Dr. Stranges seperti ditulis siaran umum University of Warwick Medical School.

Beberapa peneliti menyampaikan, kesejahteraan mental yang rendah terkait kuat dengan penyakit serta permasalahan kesehatan mental. Tetapi, kesejahteraan mental yang tinggi terkait dengan lebih tingginya kemungkinan seorang terasa baik. Umumnya hal semacam ini ditandai dengan optimisme, kebahagiaan, penghargaan diri serta jalinan baik dengan orang lain.

Kesejahteraan mental utama bukan sekedar membuat perlindungan orang dari penyakit mental, namun juga membuat perlindungan orang pada penyakit fisik umum serta serius. Memberi komentar temuan ini, Profesor Sarah Stewart Brown, menyampaikan, kesejahteraan mental mendasari timbulnya banyak penyakit-penyakit mental, pola hidup tidak sehat serta menyebabkan kesenjangan sosial.